Vegetarian, Bagus Nggak sih..?

Dalam 50 tips mencegah global warming di bawah ini, tertulis tips yang berisi tentang perintah untuk menjadi vegetarian. Vegetarian adalah pola makan yang sangat baik, tetapi di samping itu akan terjadi masalah jika kita berpikir kembali.vegetarian-food

Masalah yang mungkin akan terjadi, yaitu :

Pertama, Jika kita menjadi vegetarian, bagaimana nasib para peternak…? Memakan hewan ‘kan sudah biasa karena adanya siklus makanan. Contoh : Rumput – Sapi – Manusia – Manusia memberi makan sapi dengan Rumput – Sapi – Manusia – dan seterusnya.

Kedua, terhambatnya siklus makanan. Karena jika tidak ada konsumen yang lebih tinggi, maka dapat terjadi populasi yang meningkat sehingga menghabiskan lahan yang banyak.

Ketiga, Waktu Idul Adha gimana? Kita ‘kan harus menyembelih kamping, sapi atau unta… padahal Allah mengijinkan kita untuk menyembelih hewan ternak untuk dimakan..

Keempat, Bisa terjadi peledakan populasi manusia. Karena angka harapan hidup orang vegetarian lebih tinggi daripada orang yang mengonsumsi daging.

~ ya itu kurang lebih pendapatku sendiri, coba lihat pendapat para ilmuwan tentang buruknya mengonsumsi daging dan produksi lainnya ~

vegetarian

Para ilmuwan mendapatkan fakta tentang kerusakan alam yang disebabkan oleh menggemanya gemar mengonsumsi daging.

1. Pemborosan Sumber Daya Alam.

Di A.S. (Amerika Serikat), hewan ternak menghabiskan 70% (persen) dari hasil jagung, gandum, dan padi-padian yang ada. Peternakan sapi di seluruh dunia telah menghabiskan makanan yang cukup untuk dikonsumsi oleh 8,7 miliar orang—lebih dari polulasi seluruh umat manusia di Bumi. Kelaparan dunia tidak seharusnya terjadi apabila kita semua bervegetarian.

2. Pengerusakan Hutan secara masal.

Setiap vegetarian menyelamatkan setengah hektar pepohonan setiap tahunnya! Hutan hujan tropis mengalami penggundulan besar-besaran setiap tahunnya untuk menyediakan lahan peternakan. 55 kaki persegi hutan tropis dihancurkan hanya untuk menghasilkan 1 ons burger.

3. Penyebab Polusi.

Polusi yang dihasilkan oleh peternakan di A.S. melebihi industri apapun yang ada di sana. Hal tersebut disebabkan karena hewan ternak menciptakan kotoran yang jumlahnya 130 kali lebih banyak dari kotoran yang dihasilkan populasi seluruh umat manusia—yaitu 39,5 ton per detik! Pembuangan dari peternakan dan rumah pemotongan hewan dialirkan langsung ke sungai sehingga mengkontaminasi sumber-sumber air.

4. Pemborosan Air Bersih.

Hampir setengah dari jumlah air yang dikonsumsi di A.S. digunakan untuk hewan ternak. Dibutuhkan 5.000 galon air untuk menghasilkan 1 kilogram daging, tetapi hanya dibutuhkan 120 galon air untuk menghasilkan 1 kilogram gandum. Diet vegetarian hanya membutuhkan 300 galon air sehari, sementara konsumsi daging membutuhkan lebih dari 4.000 galon air sehari.

5. Pemborosan Energi.

Lebih dari 1/3 (sepertiga) bahan bakar fosil (minyak bumi, batubara) yang dikonsumsi di A.S. dihabiskan di sektor peternakan.

sapi-ternak-kab-buru

Baca Juga Artikel Yang Ini..!

Konsumsi daging dan produk-produk susu berhubungan langsung dengan Penyakit Kanker, Jantung, Stroke, Diabetes, Osteoporosis, Obesitas, dan berbagai penyakit kardiovaskular. Dengan menghilangkan menu-menu yang berasal dari hewan, anda telah melindungi kesehatan anda dengan cara yang terbaik bagi diri anda dan planet ini.

Mengganti pola makan anda tidaklah semahal harga yang harus dibayar ketika anda harus terbaring di meja operasi untuk menjalani operasi bypass jantung, menderita kelumpuhan oleh stroke, atau menghadapi kemoterapi dan radiasi untuk penyembuhan kanker!

Menjadi vegetarian adalah hal terbaik yang dapat anda lakukan untuk menjaga kesehatan anda. Statistik Badan Kesehatan Dunia (WHO) secara konsisten menunjukkan bahwa populasi yang makanannya kaya daging dan protein hewani seperti Eskimo, Greenlander, Laplander, dan suku Kurgis Rusia memiliki harapan hidup yang pendek. Sebaliknya suku seperti Bulgaria, Kaukasia Rusia, Indian Yukatan, Todas- India Timur, dan Hunza mengkonsumsi makanan yang jumlah proteinnya lebih rendah dan bersumber dari produk nabati mempunyai harapan hidup rata-rata 90 sampai 100 tahun.

Semakin banyaknya penduduk dunia yang merasakan dan membuktikan besarnya manfaat vegetarian dapat dilihat dari makin pesatnya pertumbuhan populasi vegetarian. Hal ini dapat diketahui dari meningkat pesatnya permintaan atas produk-produk vegetarian di seluruh dunia. Taylor Nelson Sofres mencatat bahwa total pasar produk vegetarian di UK (Inggris) untuk tahun 2004 saja telah mencapai £617.000.000.

~ Nah, gimana..? Udah berpikir mau jadi vegetarian atau nggak..? Aku sih terserah makan apa aja, yang penting kenyang deh! Hehe.. ~

Sumber : hiduplebihmulia.wordpress.com

6 Responses so far »

  1. 1

    YauHui.net said,

    strategi yang bagus bro.. buat menggiring orang mengenal vegetarian.. dengan mencoba memahami dari sudut pandang non vegetarian .. he.he..

  2. 2

    Barried said,

    Tai sapi bisa jadi pupuk. Di Inggris malah jadi pembangkit energi.
    Plis deh ya..
    Tanpa sapi dan hewan ternak lainnya:
    1. Pastinya jutaan manusia bakal kehilangan pekerjaan. Trus karena kurang duit anak istrinya ga bisa makan, anaknya putus sekolah trus keliaran di jalan tau2 diculik dan dijadiin pengamen, PSK, ato jadi apa lah. Trus pas lagi ngamen ketangkep POL PP, dipukulin, dihajar, dan disiksa. Akhirnya anaknya kabur, pas lg lari ketabrak mobil.

    2. Pendapatan Indonesia bakal berkurang karema selaen hasil tani, migas, tambang, dan hasil laut, pemasukan utama Indonesia berasal dari peternakan. Dengan berkurangnya pendapatan maka harga jual barang akan semakin tinggi, sebaliknya daya beli masyarakat akan semakin rendah. Kalo udah gitu akan semakin banyak daerah kumuh di Indonesia, inflasi besar2an terjadi, rampok semakin banyak, semakin banyak kasus busung lapar akan terjadi yg akan berakhir dengan kematian.

  3. 3

    makanya ntu, vegetarian itu bagus atau nggak ya…?

  4. 4

    Barried said,

    Blom selesai.

    3. Beberapa agama ada yg menggunakan hewan2 ternak sebagai media ibadah, bahkan ada juga yg menganggapnya sebagai dewa. Jika keberadaan hewan ternak semakin berkurang, maka para penganut agama tadi bakal kehilangan “dewa” mereka, atau merasa tersinggung karena orang2 merendahkan “dewa”nya. Akhirnya kerusuhan akan terjadi, terjadi teror2, dan anarkisme. Sehingga akan jatuh banyak korban, anak2 jadi korban, terjadi peperangan atas nama agama/kepercayaan.

    4. Keseimbangan ekosistem rusak parah. Kalau tidak ada hewan seperti sapi dan yg lainnya yg dibudidayakan ternak, maka populasi rumput liar meledak. Kalo udah gitu rumput2 tadi bakal jadi sarang hama ato sarang binatang melata yg bisa membahayakan manusia yang lewat. Selain itu bakal jadi perantara yang efektif sekali jika ada kebakaran kecil hingga kebakaran kecil tsb bakal jd kebakaran besar. Asap mengepul di udara, batuk2 deh. Uhuk uhuk.. Apa mau tuh para vegetarian makan rumput?

    5. Petani kehilangan alat untuk membajak sawah sehingga harus menggunakan traktor. Traktor harga belinya mahal, belom lagi biaya perawatannya. Traktor kan pake bensin, emisinya udah pasti CO2, pencemaran udara deh. Kalo udaranya udah tercemar, taneman bakal kurang sulit mendapat oksigen yg banyak. Hasilnya? Gagal panen.

    6. Beberapa transportasi tradisional yang menggunakan hewan ternak sebagai penggeraknya. Contohnya delman. Delman skrg banyak digunkan sbg rekreasi jalan2. Keberadaan kuda sangat dipengaruhi dari sumber ternak kuda. Kalo para aktivis berlebay2 nutup tuh peternakan, orang2 yg menggunakan delman sebagai alat mencari uang bakal sengsara merana tralala. Lalu hal yg dijelasin di #1 terjadi deh. Selain itu di pedalaman delman juga dipake untuk ngangkut dagangan, kalo pada pindah pake motor lagi2 pencemaran udara.

  5. 5

    Barried said,

    Lagi ah.

    7. Kalo orang2 ga makan daging, para peternak bakal alih profesi sehingga hewan ternak ga ada yg ngurus. Klo ga ada yang ngurus hewan2 ya jadi buas dong. Hewan2 td bakal keliaran di pinggir kota, ada aja yg turun ke jalan. Hewan yg turun ke jalan td bisa ganggu lalu lintas bahkan kecelakaan. Bisa aja ada orang ngerem mendadak karena mau ngindarin supaya ga nabrak hewan, trus mobilnya kepeleset jatoh ke jurang. Orang tadi luka parah, kakinya harus diamputasi karena terkena racun dari logam.

    Ih serem ih..
    Takut ih..
    Oh my God..


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: